H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Kamis, 23 Juni 2011

Kemenag Diminta Segera Putuskan Maskapai Haji 2011

Senayan - Anggota Komisi VIII DPR RI Jazuli Juwaini mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama untuk secepatnya memutuskan maskapai mana saja yang akan dilibatkan dalam pelayanan haji tahun 1432H/2011M karena dianggap memenuhi kriteria Standard Performance Evaluation Corporation (SPEC) yang disyaratkan.

Sehingga, menurutnya, setiap maskapai dapat memperkirakan tipe pesawat dan jumlah kursinya, serta jumlah pesawat yang akan disewa. "Hal ini terkait dengan liburan musim panas (summer) yang berlangsung di belahan bumi bagian utara yang diprediksi juga akan mempengaruhi kenaikan biaya penerbangan," katanya kepada Jurnalparlemen.com, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/6).

Kondisi ini, diakui Politisi PKS ini akan menyebabkan ketersediaan pesawat sewa akan semakin minim, sehingga harga sewa pesawat meskipun langsung kepada perusahaaan penyewa pesawat akan mengalami lonjakan.


Jazuli menyatakan, apabila maskapai penerbangan sudah mempersiapkan sejak saat ini, diharapkan tidak mengalami kenaikan yang signifikan, sehingga biaya penerbangan tidak terlalu tinggi. "Walaupun naik, hanya pada komponen-komponen tertentu yang sulit untuk diantisipasi seperti bahan bakar. Saya berharap dengan masuknya maskapai penerbangan yang lain akan meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji dan dari sisi biaya juga tidak memberatkan jamaah," tandasnya.

Dia menjelaskan, kenaikan harga BPIH yang diajukan oleh Kementerian Agama sebagian besar dipengaruhi oleh kenaikan biaya penerbangan yang mencapai 354 dolar AS. Hal ini tentunya akan sangat memberatkan jamaah haji. "Dengan dibukanya kesempatan melibatkan maskapai penerbangan yang lain dalam penerbangan haji diharapkan ada penawaran biaya yang lebih rendah," pungkasnya.
Media : http://www.jurnalparlemen.com
Edisi : Rabu, 22 Juni 2011
Rubrik : Komisi VIII

Comments :

0 komentar to “Kemenag Diminta Segera Putuskan Maskapai Haji 2011”