H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Rabu, 04 Mei 2011

Ulama: Jual Beli Kursi Haram; PKS Klaim Penuhi Syarat

Serang, BE – Sejumlah ulama di Banten menekankan agar para kandidat gubernur dan partai politik menggunakan cara-cara yang baik dalam menghadapi Pilgub Banten 2011. Isu jual beli kursi yang marak belakangan ini diharapkan hanya sekedar selentingan belaka.

KH. Matin Syarqowi, salah satu ulama terkemuka Banten mengatakan bahwa jual beli kursi menyalahi norma agama dan masuk dalam kategori money politics. “Kalau ada jual beli kursi DPRD dengan kandidat gubernur, itu masuk kategori suap menyuap dan jelas melanggar norma agama. Karenanya haram,” kata KH Matin Syarqowi, Minggu (24/4).

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Serang itu juga menyatakan jual beli kursi sangat menciderai demokrasi. Pesta demokrasi lima tahunan semestinya dijadikan partai politik (parpol) dan kandidat gubernur sebagai ajang pembelajaran pendidikan politik yang baik kepada masyarakat di Banten.

“Kalau masyarakat Banten disuguhi dengan cara-cara yang tidak baik, jangan pernah berharap kandidat yang akan dipilih bisa memperjuangkan seluruh kepentingan masyarakat Banten. Nantinya, dia hanya akan disibukkan dengan pengembalian uang dihabiskan pada proses Pemilukada,” tegasnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, KH Aminudin Ibrahim menyatakan hal senada. Dia mengatakan, kursi dewan merupakan amanat dari masyarakat dan bukan untuk diperjualbelikan. “Jual beli kursi dalam hokum Islma sudah masuk kategori suap menyuap maka sifatnya haram. Ini harus dihindari baik oleh kandidat gubernur maupun para elit politik di DPRD Banten,” kata KH. Aminudin.

Aminudin menuturkan, jika kandidat gubernur Banten ada yang melakukan tindakan tersebut, sebaiknya masyarakat tidak memilihnya. “Kalau mereka dipilih, yang dilakukan bukannya mensejahterakan masyarakat, tetapi menyengsarakan masyarakat, ujarnya.

Seperti diketahui, parpol yang memiliki kursi di DPRD Banten baik yang sudah merekomendasikan incumbent maupun yang belum diisukan dihargai Rp. 1 miliar per kursi. Kalangan dewan sendiri mengaku sudah mendengar isu tersebut.


Partai Gerindra Banten yang memiliki 5 kursi di DPRD Banten telah merkomendasikan Ratu Atut Chosiyah dan Ketua DPD Partai Gerindra Budi Heriyadi sebagai cagub kepada pusat. Incumbent juga direkomendasikan oleh PAN (2 kursi), PBB (3 kursi), PKNU (1 kursi), PKPB (2 kursi), sementara Partai Hanura (6 kursi), PKB (5 kursi), PPP (5 kursi), PBR (1 kursi), PNUI (1 kursi), PDS (1 kursi), PDIP (10 kursi) seleuruhnya belum merekomendasikan nama cagub.

Sekretaris Komisi IV DPRD Banten, Saris Priada Rahmat ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon membantah keras isu transaksi jual beli kursi. “Meski secara partai (PBB) sudah bulat mengusung incumbent sebagai kandidat gubernur, tapi saya tidak pernah menerima apapun dari kandidat gubernur. Isu pembelian kursi dewan ini tidak benar,” katanya.


PKS Klaim Penuhi Syarat.
Dewan Pimpinan Wialayh (DPW) PKS Provinsi Banten mengklaim telah memenuhi persyaratan kursi untuk mengusung calon gubernur (cagub) sendiri pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten tahun ini.

“Sekarang kami akan kembali ambil bagian menghadirkan calon alternative seperti pada Pilgub 2006,” kata Ketua DPW PKS Banten, Minggu (24/4). Hadir Wakil Ketua DPW PKS Banten Miptahudin, Sekretaris DPW Bonnie Mufizar, Cagub PKS Jazuli Juwaini dan Fungsionaris PKS Provinsi dari kabupaten/kota di banten.

Pilgub Banten mensyaratkan untuk mengusung cagub, aprtai politik harus mempunyai 15 persen suara pada Pemilu 2009 atau setara dengan 13 kursi. Menurut Irfan, PKS yang hanya memiliki 11 kursi di DPRD Banten sudah mendapat tambahan kursi sehingga memenuhi syarat pengusungan cagub.

“Kami sudah genap 13 kursi dan yakin akan bertambah,” ujar Irfan. Meski demikian, dia enggan mengungkap dari parpol mana tambahan dua kursi itu diperoleh. “Secara etika kurang pantas jika diungkapkan sebelum genderang Pilgub dibunyikan,” imbuhnya.

Irfan mengakui keraguan banyak kalangan terhadap langkah PKS mengusung cagub internal. Di berbagai pilkada kabupaten/kota di Banten, PKS cenderung mendukung kandidat dari keluarga Gubernur Ratu Atut Chosiyah, incumbent yang berambisi ingin kembali menjabat. “Keraguan itu wajar, tapi jaringan kami sudah sampai ke desa dan sudah mendekati TPS (tempat pemungutan suara-red). Artinya, secara mesin politik, kami semakin yakin bisa maju di pilgub,” tegasnya.


Jazuli Juwaini juga menyatakan keyakinannya. Saat ini yang akan dilakukannya bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS dan DPW PKS Banten adalah mencari kandidat calon wakil gubernur. “Saya adalah prajurit yang harus siap melaksanakan perintah dari DPP PKS untuk maju di Pilgub,” jelasnya.

Jazuli enggan mengungkapkan naman-nama kandidat calon wakil gubernur yang akan dipilih oleh PKS serta diinginkan dirinya. Namun ia mengakui karena dirinya dari Tangerang, maka spek wilayah dan popularitas menjadi pertimbangan. “Siapa pun yang akan dipilih PKS menjadi kandidat wakil, saya harus terima,” ujarnya. (eman/run/mg05/jpnn/ikhsan tamara)



Media : Satelit News
Edisi : Senin, 25 April 2011











































































online marketing consulting, limewire























website optimization, limewire























search engine optimization, limewire























internet marketing expert, limewire























seo services, limewire























website advertising, limewire























search engine marketing consulting, limewire























daemon tools, limewire























web advertising, limewire























books online, limewire























optimization company, limewire























emarketing, limewire























free ebooks download, limewire























seo internet marketing, limewire























seo optimering, limewire























increase search engine ranking, limewire























seo packages, limewire























marketing websites, limewire























internetmarketing, limewire























internet marketing firm, limewire























daemon tools, limewire























organic search engine optimization, limewire























webpromotion, limewire























daemon tools, limewire























seo services, limewire























yahoo detector, limewire























webmarketing, limewire























seo packages, limewire























internetmarketing, limewire























website promotie, limewire























search engine optimisation company, limewire























ebook, limewire























download limewire limewirewin, limewire























daemon tools, limewire























daemon tools, limewire























search engine optimisation services, limewire























submit website to search engines, limewire























seo help, limewire























daemon tools, limewire























search engine marketing agency, limewire























internet advertising, limewire























daemon tools, limewire























website optimierung, limewire























free music downloads limewire, limewire

Comments :

0 komentar to “Ulama: Jual Beli Kursi Haram; PKS Klaim Penuhi Syarat”