H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Selasa, 05 April 2011

Bakal Cagub Mulai Dekati Ulama

SERANG - Meski launching Pemilukada Banten hampir dimulai 26 Mei mendatang oleh KPU, namun sejumlah bakal calon gubernur sudah mulai melakukan penggalancan dukungan terhadap masyarakat. Kegiatan yang dilakukannya pun beragam, mulai terjun langsung ke masyarakat untuk mensosialisasikan diri hingga mengunjungi para ulama di daerah.

Mantan Kajati Banten Suhaimi yang sudah menyatakan diri akan maju dalam Pemilukada Banten menilai, kalangan ulama merupakan elemen kunci yang bisa menentukan kemenangan setiap kandidat dalam Pemilukada Banten 2011. Selain karena memiliki pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat Banten yang masih kental budaya religiusnya.


"Saya maju juga karena didorong sejumlah ulama di Banten. Maka dari itu, sudah sewajarnya jika saya mengharapkan dukungan yang lebih besar dari tokoh-tokoh ulama di Banten," kata Suhaimi ketika ditemui di sekretariat Suhaimi Centre, kawasan Sempu Kota Serang, Senin (4/4).

la melanjutkan, salah satu wujud untuk mengumpulkan dukungan ulama, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan keagamaan. seperti nienggelar istighosah akbar di kediaman ulama kharismatik Abuya Dimyati di Desa Cidahu Kabupaten Pandeglang.

"Istghosah akbar bersama masyarakat dan santri sudah kami lakukan sejak Februari lalu," kata Suhaimi.

Sementara itu Sekretaris Tim Pemenangan Suhaimi, Wiwid Ws mengatakan, pelaksanaan istigotsah merupakan wujud kepedulian Suhaimi untuk melestarikan budaya Islam yang mengakar di kehidupan masyarakat Banten. Menurutnya. hal itu merupakan bukti bahwa Suhaimi diterima oleh kalangan mana pun. "Suhaimi orang yang ahli di bidang hukum. Pak Suhaimi juga sangat mengerti tentang budaya religius masyarakat Banten karena memang dibesarkan dalam kultur yang sama," kata
Wiwid.

Saat disinggung alasan dipilihnya figur ulama untuk menggalang dukungan, Wiwid mengatakan karena kalangan ulama memiliki kepedulian terhadap perubahan di Banten. "Namun bukan berarti kami tidak peduli sama Warga Banten lainuya, dalam waktu dekat kami pun akan mengunjungi kelompok lain yang ada di Banten,"jelas Wiwid.

Sebelumnya, bakal calon gubernur yang dusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini juga telah melakukan sowan ke beberapa ulama di Pandeglang, salah satunya ke ulama sepuh Abuya Muhtadi.

Menurut Jazuli, selain untuk meminta restu, sowan yang dilakukannya juga untuk meminta saran dan masukan kepada Abuya Muhtadi terkait rencana dirinya yang akan maju pada ajang pemilihan gubernur Banten 22 Oktober mendatang. "Saya meminta restu dan masukan kepada para ulama
terkait rencana saya yang diusung oleh PKS untuk maju sebagai calon gubernur Banten," kata Jazuli kepada wartawan.

Jazuli mengatakan, dirinya mendapat masukan dari sejumlah ulama bahwa siapapun yang akan memimpin Banten kedepan, yang penting orang itu harus haik secara agama, berwawasan luas, adil, dan amanah.

Hal yang sama juga kerap dilakukan oleh Gubernur Rt Atut Chosiyah yang juga akan mencalonkan kembali menjadi calon gubernur yang diusung Partai GOlkar dalam Pemilukada Banten untuk periode selanjutnya. Atut dalam berbagai kesempatan juga sering meminta doa dan masukan kepada para tokoh agama dan para ulama di Banten.

Sementara itu, bakal calon gubernur lainnya. dalam pantauan Baraya Post, sepeni Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Wahidin Halim, Ketua DPD PDI Perjuangan Banten Jayeng Rana belum melakukan penggalangan dukungan dari kalangan ulama karena partainya hingga saat ini belum menetapkan untuk mengusung keduanya menjadi calon gubernur. (deni)


Media : Harian Baraya Post
Edisi : Senin, 4 April 2011




Comments :

0 komentar to “Bakal Cagub Mulai Dekati Ulama”