H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Senin, 14 Februari 2011

Polri Didesak Temukan Dalang Rusuh Cikeusik dan Temanggung

JAKARTA--MICOM: Anggota Komisi VIII mendesak Polri untuk segera menemukan dan menjerat aktor intelektual dalam kasus kekerasan terhadap jamaah Ahmadiyah di Pandeglang dan insiden di Temanggung. Desakan itu mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama dan Kapolri di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (9/2) malam.

Jazuli Juwaini dari Fraksi PKS yang pertama kali melontarkan hal tersebut. "Saya ingin klarifikasi dan konfirmasi benarkah ada aktor intelektual. Bagaimana dalam waktu singkat orang membludak, padahal itu di perkampungan yang sepi. Kapolri harus tegas, kalau ada aktor intelektual ini yang digantung," ujarnya.


Ia juga meminta agar Menteri Agama dapat berdialog dengan pimpinan Ahmadiyah untuk menemukan solusi bersama. "Tidak ada salahnya pimpinan Ahmadiyah diajak berdialog, betapapun dia menyimpang tidak ada yang berhak menghakimi sendiri," tuturnya.

Desakan yang sama juga disampaikan Hasrul Azwar dari Fraksi PPP. "Kami meminta Kapolri mengusut tuntas dan mencari actor-aktor yang memperkeruh keadaan," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolri Jenderal Timur Pradopo menyatakan Polri terus mengusut keberadaan aktor intelektual. Saat ini Polri sudah menahan beberapa orang yang diindikasi sebagai penggerak.

"Dari tersangka yang sudah ditahan, ada dua hal. Ada yang memang melakukan pelanggaran hukum, pengrusakan dan penganiayaan sampai meninggal. Ada juga yang menggerakkan (massa) ke tempat itu. Saya tidak sampaikan ini provokator, tapi ada yang menggerakkan," tuturnya.

Dihadapan anggota Komisi VIII, Kapolri berjanji akan mengusut tuntas. "Semua akan kita ungkap tuntas sesuai pelanggaran hukumnya. Dari saksi maupun tersangka dan alat bukti, memang ada faktor-faktor penggerak. Kalau ada orang dari luar artinya ada yang menggerakkan. Dari pengembangan lebih lanjut mudah-mudahan aktor intelektual bias terungkap. Tidak terbatas pada pelaku yang melakukan pelanggaran hukum," tegasnya. (Wta/OL-04)


Media : www.mediaindonesia.com
Edisi : Kamis, 10 Februari 2011











Comments :

0 komentar to “Polri Didesak Temukan Dalang Rusuh Cikeusik dan Temanggung”