H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Rabu, 26 Mei 2010

Biaya Haji Diputuskan Juni

DPR Cari Formulasi Turunkan BPIH

JAKARTA(SI)-Komisi VIII DPR menargetkan besaran biaya pelaksanaan ibadah haji (BPIH) 2010 sudah bisa ditetapkan awal Juni ini. Saat ini pembahasan penurunan BPIH masih terus dilakukan.

Anggota Komisi VIII DPR Abdillah Fauzi mengatakan, Komisi VIII sebenarnya sangat mendukung jika BPIH tahun ini bisa turun. Usulan penurunan ini bahkan sudah dilontarkan Komisi VIII sejak sekitar dua pekan lalu.

Penurunan tersebut, kata dia, tidak hanya pada harga tiket bagi jamaah haji, tapi juga pada empat komponen utama yakni biaya transportasi udara, biaya pemondokan, biaya katering, dan biaya transportasi lokal. "Dengan menurunkan biaya pada empat komponen tersebut, Komisi VIII optimistis BPIH secara keseluruhan bisa diturunkan secara signifikan," tegas Abdillah di Gedung DPR Jakarta kemarin.


Senada diungkapkan anggota Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis. Menurut dia, saat ini Komisi VIII masih terus membahas usulan penurunan BPIH secara keseluruhan. "Nilai penurunannya memang belum diputuskan sebab Komisi VIII baru membahas komponen-komponen yang biayanya bisa diturunkan dengan pihak-pihak terkait,"ungkapnya.

Menurut Iskan, dari ratusan komponen BPIH yang ada, Komisi VIII akan mulai membahas satu persatu.Terutama terhadap komponen yang diperkirakan bisa diturunkan sehingga BPIH secara keseluruhan bisa turun. Berdasarkan hasil survei Komisi VIII, ada empat komponen utama yang biayanya terlalu tinggi dan bisa diturunkan yakni transportasi udara, pemondokan, katering, dan transportasi lokal di Arab Saudi.

"Komponen-komponen ini akan dibahas lagi saat rapat bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan. Ini untuk menyepakati komponen apa saja yang biayanya bisa diturunkan dan berapa besar penurunnya," ujarnya.

Terkait permintaan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali agar harga tiket jamaah haji bisa diturunkan minimal USD150, menurut Iskan, hal itu hanya salah satu dari satu subkomponen yang diusulkan Komisi VIII DPR.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding menyatakan,Tim Panja BPIH DPR berencana melakukan kunjungan lapangan ke Arab Saudi untuk memantau proses persiapan penyelenggaraan haji tahun ini, "Pantauan ini dilakukan sebelum BPIH

Media : Harian Seputar Indonesia
Edisi : Rabu, 26 Mei 2010
Rubrik : Nasional, Hal : 5


Comments :

0 komentar to “Biaya Haji Diputuskan Juni”