H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Jumat, 04 Maret 2011

PKS Upayakan Peningkatan Peran UMKM

JAKARTA -- Berlimpahnya sumber daya alam di Indonesia seharusnya berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat. Sayangnya, hal ini tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat.

Ketua DPP PKS Bidang Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan Jazuli Juwaini mengatakan, potensi ekonomi yang besar ini ternyata belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Potensi ini harusnya dikelola dengan merata dalam segala aspeknya, termasuk dalam aspek distribusi dan akses terhadap sumber daya.

"Inilah yang seharusnya menjadi tugas pemerintah, baik eksekutif maupun legislatif," kata Jazuli, di Jakarta, Rabu (3/3).


Untuk itulah PKS berinisiatif untuk tampil dalam upaya menegakkan kemandirian ekonomi serta kesejahteraan bagi masyarakat. Bagi PKS, kata Jazuli, partai politik adalah entitas yang juga harus ikut bertanggung jawab membangun dan mengelola negara, dan apalagi mengingat partai ini adalah partai dakwah. "Kader PKS harus memahami arti penting kemandirian ekonomi sebagai bagian dari upaya perluasan dakwah yang strategis dan kontributif bagi umat," tuturnya.

Dalam upaya pembangunan ekonomi, PKS menekankan pada peran dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurut Jazuli, posisi strategis UMKM adalah karena potensinya yang mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di level bawah, sehingga berkontribusi langsung pada meningkatnya taraf perekonomian masyarakat.

Dipaparkannya, sektor UMKM adalah potensi ekonomi sering diabaikan pemerintah. Padahal, UMKM strategis tidak hanya dalam mememuhi kebutuhan masyarakat, tetapi berpotensi besar untuk menciptakan kemandirian ekonomi rakyat sampai di level terbawah.

Dalam rangka mewujudkan program-program strategis itu, PKS menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan pada 4-6 Maret 2011 di Jakarta. Rapat koordinasi ini akan menjadi sarana sosialisasi program-program utama di bidang ekonomi dan kewirausahaan, sekaligus juga menjadi ajang untuk menyerap aspirasi dan gagasan dari kader-kader di kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia.

Melalui rakornas ini, PKS akan membahas ide dan gagasan yang lebih fresh sebagai solusi menuju kesejahteraan ekonomi masyarakat. PKS akan fokus untuk menggerakkan pemberdayaan ekonomi di daerah. "Kader PKS di seluruh Indonesia akan menjadi penggerak utama," tegas anggota DPR dari daerah pemilihan Banten ini.

Menghadapi tantangan ekonomi lokal dan global, bidang ekonomi dan kewirausahaan PKS telah menyiapkan program utamanya yakni mengembangkan satu juta UMKM di seluruh Indonesia. Dengan jejaring partai yang luas serta dukungan kadernya yang saat ini berada di eksekutif dan legislatif, PKS berupaya agar program ini menjadi pilot project bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. ed: joko sadewo


Media : Republika Cetak
Edisi : Jum'at, 4 Maret 2011
Halaman : 5













Comments :

0 komentar to “PKS Upayakan Peningkatan Peran UMKM”