H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Senin, 18 Oktober 2010

Kloter Pertama Batam Tertunda 16 Jam

BATAM - Baru penerbangan kloter pertama, Saudi Airlines (SAL) sudah ingkar janji dalam pelayanan. Maskapai penerbangan milik Arab Saudi ini mengalami keterlambatan penerbangan hingga 16 jam karena alasan teknis. Akibatnya, ratusan calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam dan Komisi VIII DPR RI marah-marah.

Jazuli Juwaini, anggota komisi VIII DPR, mengatakan, pelayanan Saudi Airlines terhadap calon jamaah haji Indonesia sangat mengecewakan. "Karena keberangkatan jamaah benar-benar keterlaluan. Saudi Airlines mengecewakan," kata Jazuli seusai melepas pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Selasa (12/10).


Seharusnya, menurut Jazuli, berdasarkan jadwal, kloter pertama Embarkasi Hang Nadim Batam berangkat Senin (12/10) pukul 10.00 WIB. Namun, karena masalah teknis, keberangkatan direncanakan Selasa (13/10), pukul 02.00 WIB. Dengan demikian, keberangkatan terlambat 16 jam. Melihat dari pelayanan Saudi Airlines tersebut, Jazuli meminta agar pemerintah tegas menyikapi keterlambatan pesawat oleh perusahaan penerbangan SAL.

Komisi VIII, kata dia, akan melaksanakan rapat pleno yang akan membahas SAL, menurut dia, SAL semena-mena dalam melayani jamaah haji. Hal ini karena proses proyek melalui tunjuk langsung, bukan lelang. "Kalau tunjuk langsung, dia jadi semena-mena, tidak melayani dengan baik karena sudah ada keyakinan akan dipakai lagi," papar Jazuli.

Jazuli menegaskan, seharusnya pemerintah melakukan lelang kepada perusahaan penerbangan yang akan melayani jamaah haji. "Kalau lelang, maskapai akan melakukan yang terbaik."

Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani, juga meminta pemerintah untuk mengevaluasi pelayanan SAL, "Saya harap delay (penundaan) hanya terjadi pada kloter pertama ini. Selanjutnya tidak lagi," kata gubernur seperti diikuti dari Antara.

Sementara itu, perwakilan SAL, Sumista, berjanji akan mengupayakan agar kloter selanjutnya tidak terlambat. "Insya Allah, kami uapayakan," kata dia.

Menurut dia, pesawat yang akan mengangkut jama'ah kloter pertama Embarkasi Hang Nadim Batam mengalami masalah teknis saat berada di Jeddah sehingga tidak bisa menjemput jamaah sesuai jadwal.

Atas keterlambatan tersebut, pihak Saudi Airlines meminta maaf dan memberikan makan siang serta makan malam kepada para calon jama'ah. ed.khoirul azwar

Media : Harian Republika
Edisi : Rabu, 13 Oktober 2010
Rubrik : Jurnal Haji 1431 H, Hal : 22

Comments :

0 komentar to “Kloter Pertama Batam Tertunda 16 Jam”