H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Selasa, 20 April 2010

"Segera Lakukan Pembenahan Dong..."

BNPB belum punya perwakilan di daerah, sehingga ketika terjadi bencana alam tentu kewalahan menanganinya.

"BNPB hendaknya membangun jaringan di daerah. Misalnya mengangkat Sekretaris Daerah sebagai perwakilannya. TNI tentunya harus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri," kata anggota Komisi VIII DPR, Jazuli Juwaini, kepada Rakyat Merdeka, di Jakarta, kemarin.


"Ketika terjadi Gempa di Aceh, Padang, longsor Ciwidey, dan, banjir Karawang, BNPB dapat segera menanganinya, sehingga jumlah korban dapat berkurang," tambahnya.

Dikatakan, pihaknya mendukung penambahan alat berat dalam penanggulangan bencana. inventarisasi. Soalnya berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), BNPB belum melakukan inventarisasi asetnya dengan baik.

"Sekarang yang penting mereka bisa melakukan pemeliharaan dan pencatatannya harus jelas," ujarnya.

"BNPB juga harus segera lakukan pembenahan dong dalam menangani bencana alam. Anggaran memang terbatas, tapi hendaknya tepat sasaran," tambahnya.

Selain itu, kata Jazuli, BNPB juga harus menjadi koordinator dan membangun capacity building dalam penanganan bencana alam.

"Biasanya tidak terkoordinasi dengan baik. Nah di situ tugas BNPB, yaitu melakukan koordinasi dalam penanganan bencana alam," jelasnya. BDIT


Media : Harian Rakyat Merdeka
Edisi : Selasa, 20 April 2010
Rubrik : Bongkar, Hal : 2

Comments :

0 komentar to “"Segera Lakukan Pembenahan Dong..."”