H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Jumat, 29 Januari 2010

Komisi VIII Minta Pemerintah Serius Tangani Kekerasan dan Kejahatan Terhadap Perempuan dan Anak

Media : http://myzone.okezone.com
Edisi : Kamis, 28 Januari 2010


JAKARTA - Seiring dengan merebaknya kasus kejahatan terhadap perempuan dan anak, Komisi VII DPR RI meminta departemen terkait beserta jajaran kepolisian untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keseriusan dalam upaya perlindungan terhadap mereka. Hal ini mengemuka dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII dengan Dirjen Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Deputi Perlindungan Anak KPP dan PA, Kementerian Sosial, Komisi Perlindungan Anak Indonesia, dan Bareskrim Mabes Polri (Kamis, 28/1/2010).


Jazuli Juwaini di sela-sela rapat tersebut menyatakan bahwa koordinasi lintas departemen dan kepolisian mutlak diperlukan untuk membongkar sindikat kekerasan dan perdagangan perempuan dan anak. “Departemen Sosial harus memiliki data akurat mereka yang rentan terhadap kejahatan, khususnya anak-anak jalanan. Sementara Bareskrim Polri harus mampu mengendus titik-titik rawan kejahatan, mempelajari modus, dan melakukan penegakan hukum yang serius,” kata Jazuli.

Jazuli menyayangkan maraknya kejahatan, khususnya terhadap anak, yang terungkap setelah korbannya demikian banyak. “Kasus Babe membelalakkan mata betapa lemahnya upaya pencegahan yang dilakukan aparat. Setelah korbannya mencapai 12 orang baru ketahuan,” ungkap Jazuli miris.

Apa yang bisa dipelajari dari kasus tersebut, menurut Anggota FPKS ini, bahwa dibutuhkan keseriusan, kewaspadaan, dan kerja terkoordinasi dan sistematis antara berbagai pihak. “Jangan-jangan ini hanyalah fenomena gunung es. Karena itu mutlak dibutuhkan koordinasi. Inilah pentingnya RDP semacam ini dilakukan secara kontinyu,” ungkap Jazuli.

Jazuli Juwaini mendukung program Departemen Sosial yang mentargetkan pada 2011 bebas anak jalanan. Harus tercermin di dalam program tersebut upaya pendataan, perlindungan, dan pemberdayaan anak-anak jalanan sehingga mereka tidak kembali ke habitatnya di jalanan yang menjadikan mereka rentan terhadap kejahatan dan kekerasan. Kepada Bareskrim Polri, Jazuli berpesan, agar serius melakukan upaya pencegahan sebelum rantai kejahatan terhadap anak-anak semakin merajalela.


Comments :

0 komentar to “Komisi VIII Minta Pemerintah Serius Tangani Kekerasan dan Kejahatan Terhadap Perempuan dan Anak”