H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Rabu, 20 Januari 2010

Anggaran untuk Rakyat Jangan Kalah dengan Dana Century

http://fpks-dpr.or.id
Rabu, 20/01/2010 13:41:11

Fraksi-PKS Online: Anggota Komisi VIII DPR, Jazuli Juwaeni mendukung seratus persen peningkatan anggaran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dalam rangka pengentasan keluarga sangat-sangat miskin (SSM) di Indonesia. “Masa’ anggaran untuk rakyat banyak kalah dengan dana Century,” selorohnya dalam dengar pendapat dengan Direktorat Jenderal Bantuan dan Penjaminan Sosial Departemen Sosial di gedung DPR, Rabu (20/1).


PKH merupakan program yang dicanangkan pemerintah dengan realisasi dana pada 2009 saja mencapai Rp. 1,3 triliun. "Jangankan naik 5 kali lipat, kalau perlu 10 kali lipat kita naikkan anggaran yang 1,3 Trilyun itu," tambah Jazuli.

"Jelas-jelas program ini untuk untuk pengentasan keluarga SSM (sangat-sangat miskin). Bandingkan dengan dana talangan Century yang 6,7 Trilyun, atau anggaran pengadaan mobil baru pejabat. Lalu kenapa untuk rakyat miskin kita tolak atau kurangi," tutur dia berargumen.
Namun demikian Jazuli Juwaini memberikan syarat dan catatan krusial terhadap pelaksanaan PKH. Pertama, soal data harus diperbaiki sehingga benar-benar akurat. "Di republik ini sudah biasa, giliran data indikator pembangunan data kemiskinan turun, tapi giliran pengajuan anggaran data orang miskin mendadak naik," sindirnya.

Kedua, PKH harus tepat sasaran dan berfungsi secara produktif untuk tujuan pemberdayaan. "Dirjen Banjamsos harus memiliki database lengkap nama dan alamat penerima PKH yang dapat dipertanggung jawabkan kepada publik."

Ketiga, PKH tidak boleh tumpang tindih dengan program departemen lain. "PKH harus fokus dan sinergis dengan program departemen lain, misal dengan bantuan pendidikan yang ditangai Diknas atau bantuan kesehatan yang ditangani Depkes."

Keempat, PKS harus terukur keberhasilannya. "Harus ada indikator yang jelas, yaitu harus dapat merubah status masyarakat penerima dari sangat-sangat miskin menjadi sejahtera dalam jangka waktu yang telah ditentukan."

Dengan demikian PKH benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menjadi program andalan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. "Saya yakin kalau syarat tersebut dipenuhi, tidak ada satu pun dewan yang menolak kenaikan anggaran PKH," pungkas Jazuli.

Comments :

0 komentar to “Anggaran untuk Rakyat Jangan Kalah dengan Dana Century”