H. Jazuli Juwaini, Lc. MA

.

Selasa, 08 Juni 2010

Besaran BPIH Belum Final

Senayan - Panja BPIH Komisi VIII DPR RI dan Panja BPIH Pemerintah Senin (7/6) mulai melakukan pembahasan bersama tentang pengajuan pemerintah terkait besar Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1431H/2010M.

"Hari ini ada rapat internal Panja BPIH Komisi VIII di Wisma DPR, Kopo. Semua Panja BPIH Komisi VIII dengan panja BPIH pemerintah akan membahas bersama-sama mulai besok, setelah itu baru menghadirkan kesimpulan, mudah-mudah Selasa atau Rabu sudah ada kesimpulan berupa besaran BPIH, dan seluruh rekomendasi dan catatannya," kata Anggota Panja BPIH Komisi VIII Jazuli Juwaini kepada Jurnalparlemen.com, di Jakarta, Minggu (6/6).

Konsinyering yang dilakukan oleh Panja BPIH DPR dengan Panja BPIH Pemerintah, menurutnya merupakan tahap akhir dalam proses penyusunan BPIH. Setelah pemerintah mengajukan besaran BPIH, Panja Komisi VIII secara maraton meminta masukan dari pihak-pihak terkait mulai LSM, maskapai penerbangan, sampai melakukan kunjungan lapangan ke Arab Saudi.


"DPR sebelumnya sudah mendapatkan masukan-masukan dan kunjungan persiapan haji meninjau pemondokan, masukan-masukan itu menjadi bahan DPR. Kita bahas bersama-sama dengan pemerintah mulainya besok. Sampai Selasa (8/6) masih di Kopo," ujar Jazuli.

Sebelum disahkan, Politisi PKS ini menjelaskan, hasilnya akan diplenokan bersama seluruh anggota Komisi VIII DPR RI, untuk kemudian mengambil keputusan tentang besaran BPIH.

"Nanti harus dilaporkan ke Komisi VIII dulu. Panja ini kan hanya separuh dari anggota Komisi VIII, karena panja kan tidak bisa mengambil keputusan. Apakah Rabu bisa pleno, saya belum lihat Jadwal di Komisi," jelasnya.

Mengenai kemungkinan naik atau turun BPIH, Jazuli mengatakan, DPR sejak awal mengupayakan adanya efisiensi biaya haji tahun 2010. "Kita upayakan turun, tapi kita mau tahu pertimbangan dari pemerintah seperti apa," tandasnya.

Seperti diketahui, dalam Rancangan BPIH tahun 1431H/2010 M yang diajukan pemerintah ke DPR ada kenaikan BPIH sebesar USD 133 dibandingkan tahun 2009 lalu. (nof/yhd)


Media : www.jurnalparlemen.com
Edisi : Senin, 7 Juni 2010
Rubrik : Berita/ Kesra


Comments :

0 komentar to “Besaran BPIH Belum Final”